Business

Apple Didesak Agar Segera Memasuki Pasar TV

Senin pekan ini, Apple telah melaporkan penjualan iPhone telah jatuh di bawah perkiraan Wall Street, yakni hanya menjual 51 juta unit saja. Investor Wall Street mendesak Apple agar segera mendatangkan berbagai produk terbarunya dalam waktu dekat ini. Itu mencakup empat kategori sekaligus, yakni wearable, TV, pembayaran mobile, dan home automation. Di antara keempatnya itu, investor maupun analis lebih berharap agar Apple sesegera mungkin memasuki pasar TV.
apple 2
Travis McCourt, analis dari Raymond James mengatakan, Apple tidak akan mungkin bergerak turun ke pasar smartphone murah. Sebab, jalur ini telah diambil oleh Samsung dan beberapa vendor smartphone asal Cina. “Mereka telah mengambil pangsa iPhone karena sebagian besar pelanggan high-end membeli perangkat ini. Jadi tugas Apple untuk segera beralih ke produk baru dan kategori berikutnya,” imbuhnya, dilansir dari USA Today.
Maka dari itu, analis menyarankan agar Apple menghadirkan empat kategori produk terbaru tersebut, ketimbang terlalu fokus bergelut ke perangkat konvensional, seperti iPad, iPhone, dan Mac. “Ini adalah tahun Apple akan kembali mengubah jajaran produk mereka,” kata Jason Jones dari HighStep Capital yang memiliki saham di Apple.
Dengan memasuki pasar TV, analis berekspektasi, Apple akan menghasilkan pendapatan tahunan menjadi US$ 200 miliar. Hal senada juga diungkapkan Carl Icahn, seorang investor kawakan yang memegang saham individu di Apple. Dalam prediksinya, Apple bisa menjual lebih dari 25 juta unit TV ultra-high-definition (UHD) baru seharga US$ 1.600 per unit. Ini mengingat, penjualan TV pada 2012 silam telah mencapai 238 juta unit.
Margin laba kotor Apple sebesar 37,7 persen baru-baru ini dengan Apple TV dapat menambahkan pendapatan US$ 40 miliar dan pendapatan operasional US$ 15 miliar,” kata Icahn dalam perkiraannya.
Apple sendiri beberapa waktu lalu sudah mulai mendekatkan diri ke pasar TV. Pihaknya meluncurkan sebuah produk set-top Box Apple TV. Perangkat tersebut memungkinkan penggunanya melakukan streaming video melalui TV yang sudah ada. Namun yang diharapkan analis dan investor bukan lah perangkat pendukung TV, melainkan perangkat TV itu sendiri yang mesti dimasuki Apple.
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment