Business

Pasar Gede Solo, Pasar Tradisional Terbaik di Jawa Tengah




Pasar Gede Hardjonegoro atau yang biasa dikenal dengan Pasar Gede Solo adalah salah satu tempat bersejarah kota Solo. Berada di Jalan Jendral Sudirman menuju Jalan Urip Sumohardjo kota Solo, 
selain fungsinya sebagai pasar,Pasar Gedhe ini juga sebagai menumen sejarah di Kota Surakarta. :D
Dirancang oleh arsitek Belanda bernama Thomas Karsten, Pasar Gede mulai dibangun pada tahun 1927 dan selesai pada 1930. Pasar ini pun menjadi pasar tertua di Solo. Nama Hardjonegoro diambil dari nama seorang keturunan Tionghoa yang mendapat gelar KRT Hardjonegoro dari Keraton Surakarta. Oleh sebab itu Pasar Gede Solo juga menjadi sebagai simbol harmoni kehidupan sosial budaya yang telah berkembang di Solo pada waktu itu. Bahkan sepuluh meter di samping Pasar Gede terdapat sebuah klenteng yang masih berdiri hingga saat ini. Pasar Gede Solo memang berada di kawasan pecinan. Sementara itu nama “Gede” diberikan karena arsitektur pasar menyerupai benteng dengan pintu masuk utama berbentuk singgasana berukuran besar dan atap yang lebar. Ciri khas ini ini masih nyata dan dapat disaksikan hingga kini. 
Sejak berdiri pasar ini menjadi pusat jual-beli masyarakat,orang Cina dan Belanda.Pasar ini sempat terbakar pada tahun 2000,namun setelah pemugaran,pasar ini pun menjadi Pasar Tradisional termegah di Surakarta.
Pasar Gede adalah pasar kebutuhan pokok. Sayuran segar, aneka bumbu, daging hingga buah-buahan mengisi ruang tengah pasar berlantai dua ini. Sementara itu pedagang makanan khas Solo berada di sekeliling lapak sembako. Ada puluhan penjual yang menjajakan nasi liwet, pecel, anek oseng-oseng, ayam goreng, dawet, kerupuk rambak, karak, intip hingga berbagai jenis jajanan pasar 
selain menjadi tempat tujuan belanja pasar seluas kurang lebih 4.000 mini juga sebagai destinasi tujuan wisata kuliner di Solo. 
Untuk menuju Pasar Gedhe dapat menggunakan kendaraan pribadi,maupun transportasi umum seperti Batik Solo Trans. 
Pada tahun 2011 Pasar Gede  dinobatkan sebagai Pasar Tradisional Terbaik se-Jawa Tengah.dengan letaknya yang berada di pusat kota juga menjadikan Pasar Gede ini sebagai icon di sisi lain Kota Solo.
 
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment