Business

Ponsel Lawas 2G Telah Bantu Korban Topan Haiyan

Terputusnya jaringan seluler, internet, dan telepon rumah di hampir semua bagian Pulau Semar, Filipina akibat Topan Haiyan, hanya ponsel lawas yang berjaringan 2G saja yang mampu berfungsi di daerah tersebut. Sementara smartphone seperti Samsung seri Galaxy, iPhone, atau iPhone tak bisa digunakan.
Haiyan
Sebuah katedral di Borongan yang telah berusia 300 tahun menjadi salah satu dari beberapa tempat yang mampu menjangkau sinyal seluler lebih dari 150 kilometer. Sejumlah warga pun berdiri di luar gereja dengan tangan ke atas sambil memegang ponselnya, sembari berharap mendapat sinyal.
“Ini seperti mukjizat dari Tuhan. Kalau dicoba 100 kali, hanya akan berhasil satu kali,” ungkap Jose Japson ketika berdiri di depan katedral sembari mengangkat ponsel menghadap langat dengan berdoa, diberi berkah berupa jaringan seluler, dilansir dari Wall Street Journal.
Jose Rosete, juru bicara Smart, operator seluler lokal mengatakan, beberapa jenis ponsel tetap bisa berfungsi, meski sistem komunikasi, seperti menara BTS rusak berat. Misalnya, Smart telah memasang dua stasiun pemancar sinar ukuran kecil di wilayah timur Samar, salah satunya dibangun di Balai Kota Borongan, dekat katedral.
Stasiun tersebut mampu menangkap sinyal satelit yang kemudian membuat konneksi dengan jaringan yang lebih jauh. Masalahnya, jaringan dari stasiun tersebut memiliki kemampuan terbatas dan hanya dipergunakan untuk kondisi darurat saja. Hanya layanan jaringan 2G saja mampu berjalan. Sehingga, smartphone yang umumnya membutuhkan koneksi minimal 3G tak berfungsi.
Adapun untuk akses internet, Departemen Sosial dan Pembangunan Kesejahteraan Filipina turut memberi bantuan pinjaman laptop dilengkapi jaringan internet kepada korban topan Haiyan. Setiap orang, hanya mendapat jatah online selama tiga menit saja, waktu yang cukup untuk sekedar mengabarkan keadaannya melalui Twitter maupun Facebook. “Kami harus membuat jaringan berfungsi untuk menenangkan pikiran mereka,” kata seorang teknisi IT pemerintah, Felino Castro.
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment