Business

Intel Juga Persiapkan Prosesor 64-bit Untuk Android

Prosesor dengan aristektur 64-bit memang sudah dipastikan akan digunakan untuk masa depan gadget baik itu smartphone maupun tablet. Berbagai produsen chip SoC untuk gadget seperti Qualcomm, Samsung, NVIDIA, dll sudah menunjukkan rencana produksi (road map) masal prosesor berbasiskan 64-bit ini pada tahun 2014 mendatang.
intel_silvermont_290
Lalu bagaimana dengan Intel yang tergolong sebagai “pendatang baru” untuk produsen chip SoC gadget Android? Walaupun untuk kelas prosesor PC, Intel merupakan produsen nomer satu dan paling berpengalaman, tetapi untuk “dunia gadget” harus diakui Intel memang masih sedikit tertinggal dan kurang populer dibandingkan kompetitor lainnya. Tetapi pada tahun depan Intel nampaknya akan mulai bersinar untuk persaingan antar kompetitor di bisnis gadget ini, karena mereka memiliki “kartu AS” dengan chip berbasis Silvermont.
INTEL-Silvermont-07
Dikabarkan pada event internal (investor) yang diadakan Intel beberapa waktu lalu, mereka menunjukkan prototype prosesor Intel 64-bit pertama untuk platform OS berbasis Android. Dan hasilnya cukup menjanjikan, dengan skor benchmark Mobile XPRT sebesar 1.70, melampaui cukup jauh SoC jagoan milik Qualcomm dengan Snapdragon 800 miliknya yang menghasilkan skor 1.14, dan SoC milik NVIDIA dengan Tegra 4-nya dengan perolehan skor 1.28. Sedangkan jika dibandingkan dengan smartphone flagship Intel saat ini yaitu Lenovo K900, hanya memiliki skor sebesar 1.0 saja.
Intel sendiri mengklaim Intel Atom 64-bit generasi terbaru miliknya ini akan memberikan peningkatan hingga 40% seperti pada aplikasi media editing, namun saat bekerja pada platform Windows 8.1. Semoga saja tahun depan Intel dapat menunjukkan performa terbaiknya juga untuk pasar Android, yang merupakan pasar menjanjikan untuk bisnis Intel kedepannya.
Sumber
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment