Semua kekuatan pemasaran yang telah dilakukan Google di bisnis
handset melalui Nexus dan Motorola ternyata belum mampu mengurangi
dominasi Samsung terhadap semua perangkat berplatform Android. Data
terbaru dari Localytics memperkirakan, Samsung memiliki pangsa pasar global sebesar 63 persen dari semua perangkat Android yang ada.
Angka itu membuat Samsung memimpin hampir dua kali lipat dari pangsa
pasar gabungan yang dimiliki oleh HTC, LG, Sony, Motorola, dan berbagai
vendor lain. Secara gabungan, mereka hanya memiliki pangsa pasar sebesar
37 persen. Ada jarak terlampau jauh dari yang dimiliki Samsung seorang
diri.
Menurut Localytics, kekuatan pasar Samsung berasal dari popularitas
merek dan model smartphone-nya di mata pengguna. Bahkan, dari daftar 10
perangkat Android terpopuler di dunia, Samsung berhasil menyumbang
delapan perangkatnya, sementara dua lainnya, berasal dari HTC dan
Motorola.
Dari data tersebut, smartphone lawas Samsung, Galaxy S III tetap
menjadi yang paling populer dibanding smartphone Andriod terbaru andalan
mereka, Galaxy S4 yang berada di posisi kedua. Perbandingan pangsa
pasar di antara keduanya pun cukup kontras, antara 15,1 persen dan 7,4
persen. Sementara posisi delapan dan sembilan, masing-masing ditempati
HTC One (1,3 persen) dan Motorola Droid Razr (1,1 persen).
“Ketika menganalisis tablet, kami menemukan bahwa Samsung merupakan
lima dari 10 tablet Android yang aktif (dan populer). Tetapi, pangsa
pasar lima tablet Samsung ini mencapai 53 persen dari semua tablet
Android yang ada. Terutama yang paling mengesankan ialah Galaxy Tab
2-series yang hampir menyumbang 40 persen tablet Android,” tulis
Localytics dalam sebuah siaran persnya
- Blogger Comment
- Facebook Comment
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
0 comments:
Post a Comment