Raksasa teknologi peninggalan mendiang Steve Jobs, Apple, kembali
dinobatkan oleh majalah bisnis ternama asal Amerika Serikat Forbes
sebagai merek paling berharga di dunia. Dalam penghargaan itu, Apple
berhasil menyabet gelar Best Global Brand of 2013.
Forbes menjelaskan, pihaknya menghargai berbagai merek terkemuka di
dunia berdasarkan pendapatan perusahaan yang mereka raih dalam tiga
tahun terakhir ini dan relevansi merek dalam industri yang mereka
jalani. Dalam hal ini, pihak tim riset Forbes menilai, Apple adalah
juaranya.
“Studi Forbes terhadap merek menggambarkan, Apple makin menguat
seperti sebelumnya. Apple merupakan merek paling berharga di dunia untuk
jangka waktu berturut-turut pada angka US$ 104,3 miliar atau naik 20
persen dari tahun lalu. Bahkan, hampir dua kali lipat dari merek lainnya
di planet ini, menurut perhitungan kami,” tulis Forbes.
Keberhasilan Apple menyabet gelar versi Forbes ini merupakan kali
ketiganya secara berturut-turut sejak 2011 dan 2012 silam. Selama tiga
tahun , perusahaan yang berbasis di Cupertino, California itu selalu
menempati urutan pertama. Dalam hal ini, Apple berhasil membuktikan,
berbagai produknya, seperti iPad, iPhone, dan Mac diakui sebagai merek
paling berharga di dunia.
Bahkan, Apple pun berhasil dua pesaing terdekatnya di dua industri
teknologi berbeda, Microsoft dan Samsung. Di industri PC, Microsoft
menempati posisi sementara serta Samsung yang berada di industri
smartphone dan tablet hanya menempati posisi sembilan. Padahal secara
pangsa pasar, baik PC maupun smartphone, Apple selalu kalah dari
keduanya.
“Inti dari merek yang hebat adalah produk yang hebat. Apple tetap
menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat sehari-hari dan
mereknya terus mendapatkan imajinasi (dan uang) konsumen dalam berbagai
produk di industri yang berbeda,” kata Kevin Lane Keller, profesor ahli
merek dari Dartmouth Tuck Schol of Business
- Blogger Comment
- Facebook Comment
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
0 comments:
Post a Comment